Referensi Mata Kuliah Pemrograman Multimedia

Literatur tentang Pemrograman Multimedia adalah sebagai berikut :

1. Sumber berupa Textbook

URL :

Judul    Buku   : Multimedia Alat Untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing

Penulis    : M.Suyanto (Amikom, Yogyakarta)

2. Sumber berupa slide presentasi

URL :

3. Sumber berupa artikel di jurnal / proseding

URL :

4. Contoh Kasus dan Solusi tentang Pemrograman Multimedia

Aplikasi Watermarking Pada Streaming Video

Latar Belakang

Penemuan gambar hidup (1891) dan televisi (1923) merupakan salah satu temuan yang cukup berpengaruh dalam sejarah hidup manusia disamping telepon, tape radio dan sebagainya [1]. Selain itu, penemuan teknik komunikasi tanpa kabel (1895) juga memberikan terobosan yang cukup berarti dalam hidup ini. Dengan temuan-temuan ini, kita tidak hanya menikmati gambar-gambar diam tetapi juga gambar-gambar (seolah-olah) gerak pada tempat-tempat yang jauh dan berbeda.

Dewasa ini hampir setiap rumah memiliki sebuah televisi untuk menyaksikan acara-acara kesayangan yang dipancarkan secara broadcast dari satu atau beberapa stasiun televisi. Stasiun-stasiun pemancar berlomba-lomba untuk menayangkan berbagai acara yang bagus-bagus, dengan tujuan menarik pemirsa yang banyak sehingga para sponsor (iklan) juga mau mengiklankan produk mereka pada stasiun pemancar mereka.

Identifikasi Masalah

Setiap stasiun pemancar tentunya harus  membayar mahal untuk sebuah penyiaran acara langsung, acara sinetron maupun film action dan sebagainya. Semua biaya ini tentunya ditutupi dengan adanya sponsor iklan dalam acara tersebut.

Acara yang disiarkan tersebut tentunya takut direkam oleh orang lain,  terutama stasiun televisi lainnya yang kemudian disiarkan kembali. Dengan demikian, stasiun televisi yang melakukan tindakan perekaman dan siar ulang tersebut hanya mengeluarkan biaya yang lebih kecil, karena tidak perlu membeli hak siar acara tersebut, apalagi acara tersebut tadinya merupakan suatu acara langsung misalnya acara pertandingan sepak bola bergengsi di luar negeri. Karena itu, stasiun televisi yang melakukan penyiaran acara tersebut sering memberikan logo stasiun televisi mereka pada sudut atas atau bawah baik kanan maupun kiri layar. Tetapi cara tesebut sebenarnya mudah diakali dengan menghapus logo tersebut dan kemudian ditambahkan dengan logo yang baru.

Selain masalah penyiaran ulang secara ilegal tersebut, ada satu masalah lain menyangkut periklanan. Bila suatu perusahaan ingin mengiklankan produknya, maka perusahaan tersebut harus membayar sebesar tertentu untuk jam penayangan dan durasi tertentu. Tentunya semakin lama dan banyak munculnya iklan maka harga yang harus dibayar semakin besar. Kadang-kadang masalahnya adalah perusahaan tersebut dituntut untuk membayar lebih atas penayangan iklannya yang sebenarnya tidak pernah diiklanka. Masalah ini pernah terjadi di jepang pada tahun 1997 [2].

Salah satu bagian pengolahan sinyal yang dikenal dengan watermarking merupakan suatu teknik yang akhir-akhir ini banyak dibicarakan dalam jurnal atau forum ilmiah, dianggap sebagai salah satu solusi terhadap masalah hak cipta, bukti kepemilikan, perubahan sinyal asli dan sebagainya [2].

Tujuan & Solusi

Teknik watermarking yang berfungsi untuk menyembunyikan suatu data (informasi) pada data lain yang ditumpanginya tanpa menimbulkan suatu perbedaan oleh persepsi indera manusia (melihat dan mendengar), digunakan untuk melindungi data (video) yang ditransmisikan ke pemirsa. Bila terjadi perekaman ilegal maka dapat diketahui dan dibuktikan sumbernya dari mana. Dan juga watermarking dapat digunakan sebagai alat broadcast monitoring untuk masalah periklanan tersebut.

From : http://budi.insan.co.id/courses/el695/projects/juanda1.doc

Referensi

[1]   “Buku Pintar 100 Penemuan Paling Berpengaruh di Dunia”, Taramedia & Restu Agung, Jakarta.

[2]   Ingemar J. Cox, Matt L. Miller and Jeffery A. Bloom, “Watermarking applications and their properties”, Int. Conf. On Information Technology’2000, Las Vegas, 2000.

2 responses to this post.

  1. Posted by mysterious on March 3, 2010 at 3:11 pm

    nice inpho gan….lanjutkan

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: