9 Prediksi Dunia Gaming

Akhir tahun memberikan kesempatan untuk melihat ke belakang apa yang sudah terjadi selama 12 bulan terakhir. Itu juga memberikan kesempatan untuk menggunakan pengetahuan tersebut untuk mempertaruhkan hasil untuk 12 bulan yang akan datang.

Berikut ini adalah 9 prediksi dalam dunia gaming pada tahun 2010 yang didasarkan tren yang terjadi pada tahun 2009.

1. Penjualan Nintendo Wii akan turun secara berangsur di Amerika Utara.

Bagian dari prediksi didasarkan atas konsep yang mudah bahwa Wii tidak memiliki tujuan selain turun, setelan mendominasi penjualan Amerika Utara selama beberapa waktu. Dengan penurunan harga dari $250 menjadi $200, semua orang yang menginginkan Wii pastinya sudah membelinya sejak harga diturunkan tanpa menunggu tahun yang akan datang. Tapi prediksi juga didasarkan bahwa Sony dan Microsoft membuat sebuah dorongan yang serius untuk pasar yang sama dengan Nintendo. Ini semua didasarkan bahwa kedua perusahaan tersebut telah mengeluarkan sebuah konsol dengan harga murah, perencanaan untuk mengikuti jejak Nintendo dalam sensor kontrol gerak dan pemilihan game yang ramah dengan keluarga.


2. Penjualan PlayStation 3 akan meningkat secara berangsur di Amerika Utara.

Sony telah mencoba melakukan hal yang sama dengan Nintendo dengan mengeluarkan konsol dengan harga murah, game-game yang sengaja dirilis di akhir tahun untuk menurunkan harga, serta periklanan yang menarik. Tren akan terus berlanjut hingga 2010, ketika game-game pamungkas generasi kedua mulai dirilis. Mulai dari God of War III, Gran Turismo 5, MAG, Heavy Rain dan The Last Guardian. Selain itu, PS3 juga menjadi salah satu pilihan utam untuk memutar Blu-Ray.

3. Penjualan Rhytm-game akan menurun secara berangsur.

CEO Activision, Bobby Kotick mungkin mengatakan bahwa pasar rhytm-game tidak akan terpengaruh, tapi proyeksi penjualan dari DJ Hero menceritakan lain. Meski hasil penjualan yang baik dari The Beatles: Rock Band dan Guitar Hero 5 pada tahun ini, jenis game seperti ini pasti harus berpikiri keras untuk game-game selanjutnya. Pastinya, jenis game ini akan memiliki pola yang sama sehingga akan menjadi jenuh.

4. Penjualan Game Lanjutan ataupun Game Jenis Baru akan meningkat secara berangsur.

Semua orang tahu resesi menyebabkan industri game menjadi sedikit menurun tahun ini, jadi sebuah tindakan untuk mengembalikan situasi diperlukan. Tapi pemulihan industri ini akan sangat terlihat dengan dihadirkannya game-game yang layak dimainkan pada setengah tahun pertama. Mass Effect 2, God of War III, Heavy Rain, BioShock 2, Alan Wake, Splinter Cell: Conviction, Final Fantasy XIII, Gran Turismo 5 dan banyak lagi, seakan menandakan bahwa industri game tidak akan pernah mati dan akan terus berkembang.

5. Setidaknya satu game yang hanya tersedia dari fasilitas unduh saja akan masuk dalam penghargaan Game Terbaik Tahun 2010.

Pasar game yang hanya diunduh telah mengalami proses panjang untuk menghancurkan gambaran sebagai saudara yang ditinggalkan tahun ini, dengan dirilisnya Flower, Shadow Complex, dan Bit. Seri Trip, game PC indie seperti Auditorium dan game iPhone seperti Zen Bound telah menjadi patokan prediksi ini.

6. Tidak adanya kontrol mosi untuk PS3 atau game ekslusif Natal akan menjadi catatan kecil untuk Game of the Year.

Dengan pemberitaan besar mengenai jenis kontrol mosi dari Sony dan Microsoft pada E3 tahun ini, menjadikannya tidak ditunggu karena belum tentu hasilnya akan sebagus yang ditunjukkan. Sebuah kontrol mosi memerlukan kriteria yang sangat banyak agar dapat berjalan secara sempurna, seperti TV layar lebar, game-game yang menarik, dan lain-lain. Tanpa itu semua, kontrol mosi yang dihasilkan hanya akan menjadi setengah dari yang diharapkan.

7. Harga PSP Go akan turun pada setengah tahun pertama.

Masalah utama dari Go adalah dengan siapa dia harus bersaing. Bukan dengan NDS tapi dengan PSP-3000, yang menawarkan lebih banyak fungsi daripada Go.

8. Setidaknya satu sistem konsol utama atau sistem portabel akan diumumkan.

Kita pasti sudah pernah mendengar bahwa NDS baru sedang dalam tahap pengembangan, dan Microsoft telah mengatakan bahwa Xbox berikutnya akan diluncurkan di 2011 atau 2012. Ini membuat keduanya diikuti untuk pengumuman resmi pada salah satu pameran pada tahun 2010.

9. Nintendo akan mengumumkan sebuah konsol virtual dari Game Boy klasik untuk DSi.

Sumber

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: