Elektronik Menguasai Dunia Remaja

Dengan semakin maraknya peralatan elektronik yang berteknologi tinggi, Andapun semakin dibuat terpukau oleh peralatan – peralatan ini, begitu pula anak Anda yang sekarang sudah tumbuh menjadi seorang remaja. Setiap hari mungkin ia berbicara di telpon bersama teman, SMS seharian, chatting, bermain game di PS2, mendengar lagu di ipod-nya,sibuk dengan iphone-nya atau berjalan di mal bersama Anda sambil sibuk ber-Blackberry!

Ia bahkan terlihat sedikit cuek dengan kehadiran Anda dan larut dengan teman-teman barunya di Facebook. Bagaimana kalau Anda tidak mencegah semuanya ia akan terlanjur asik dengan dunianya dan tidak lagi berbagi dengan Anda semua problemnya?

Memang di dunia remaja sekarang, mungkin jika tidak memiliki telpon selular, laptop, atau bahkan profil di FB dianggap ketinggalan jaman. Anda semakin bingung karena di jaman Anda dulu mungkin tidak ada yang seperti itu (kalaupun ada, tidak sehebat sekarang).

Tidak mungkin memang untuk mengatakan pada mereka tidak boleh menggunakan barang – barang tersebut, bagi remaja jaman sekarang itu seperti mimpi buruk! Mereka akan menentang mati – matian ide Anda bahkan Anda dianggap orangtua yang “kurang gaul”. Untuk itu mari kita lihat kira – kira bagaimana solusinya?

Berada di tempat yang sama dan memiliki lingkungan pergaulan yang sama dengan teman – teman sangatlah penting bagi para remaja. Mereka bagaikan sekelompok orang yang selalu bersama untuk terlihat eksis di dunia mereka.

Jika anak Anda tetap mendapat nilai yang baik di sekolah, mengerjakan apa yang Anda minta tanpa harus berdebat, mengerjakan pekerjaan sehari – harinya di rumah, maka mungkin yang terbaik untuk Anda adalah membiarkannya sedikit berada di “dunia”-nya. Setidaknya dia ada saat Anda minta, saat Anda butuh dan dia masih tahu mana yang harus ia prioritaskan. Akan tetapi jika Anda tetap khawatir, mungkin tips ini bisa mengurangi kekhawatiran Anda :

1. Jika sedang makan malam bersama atau acara keluarga, katakanlah padanya bahwa saat bersama keluarga haruslah fokus untuk keluarga, dilarang ber- SMS ataupun menelpon bersama teman. Buatlah ia mengerti bahwa di meja makan adalah saat Anda sekeluarga bercerita mengenai kegiatan sehari – hari kalian dan saling mengomentari apa yang sedang terjadi.

2. Ada baiknya untuk tidak membiarkan anak memiliki komputer sendiri di dalam kamar, selain akan membuat mereka mungkin tidur lebih malam karena keasikan ber-internet, Anda pun bisa mengontrol aktifitas komputer mereka dengan menaruhnya di ruang keluarga atau ruang bersama. Mungkin juga sebaiknya Anda tetapkan peraturan bahwa 1 jam sebelum tidur, mereka harus sudah selesai bermain komputer, dengan begitu mereka akan belajar untuk menghargai waktu tidur, memprioritaskan mana yang penting dan tentu saja menghormati Anda sebagai orangtua.

3. Salah satu cara untuk membatasi pemakaian telpon pada anak remaja Anda yang sedang sibuk di dunianya adalah dengan mengatakan pada dirinya bahwa Anda hanya memberikan jatah tiap bulannya dan jika ia memakai di luar jatahnya maka ia harus membayar sendiri dari uang jajannya agar mereka bertanggung jawab pada pemakaian uangnya.

4. Jangan lupa untuk sekali – sekali mengecek facebooknya atau blog-nya, pastikan ia tidak menaruh hal – hal yang terlalu pribadi disana. Jika perlu masukkan program untuk membatasi anak Anda melihat situs – situs yang belum saatnya ia lihat.

Semoga tips ini bisa membantu Anda untuk masuk ke dunia elektroniknya, tetap berkomunikasi dengan dia, mengerti dan memberikan ruang untuk dia bergerak dan berkembang sekaligus mengajarkan ia bertanggung jawab.

(dr.Intan Airlina Febiliawanti)

sumber : http://www.kompas.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: